Membawa Sains Menuju Dasar Tanah

Membawa Sains Menuju Dasar Tanah
Created by Izzun Nafis

6 Tanggapan untuk "Paradoks si kembar (twin paradoks)"

  1. usia mereka tidak akan sama, Lisa lebih tua daripada Dul

    ReplyDelete
  2. "Nah lalu apa yang terjadi ketika si Dul telah menyelesaikan misinya dan kembali ke Bumi? Jadi... Siapakah yang lebih tua?"

    kalo si Dul kembali ke bumi berarti kan titik acuannya di bumi.

    "Nah, ketika titik acuanyya adalah Lisa yang berada di bumi, maka ia akan melihat pesawat bergerak sangat cepat. Dengan teropong canggihnya ia mengamati jam di dalam pesawat tersebut. Menurut dilatasi waktu, maka tentunya jam tersebut terlihat lebih lambat. Itu artinya si Lisa akan lebih tua dari Dul."

    Tapi ini untuk kalo si Dul nya kembali ke bumi..

    Kalo ada yang salah mohon koreksinya ya.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak sob, masalah berangkat atau pulang, baik dari pesawat maupun dari bumi keduanya bisa dijadikan titik acuan.

      Nah ketika balik ke bumi, si Dul akan melihat Bumi bergerak mendekatinya dengan begitu cepat juga. Si Dul dengang teropong canggihnya mengamati jam tangan Lisa. menurut dilatasi waktu pula jam si Lisa akan berjalan lebih lambat. Itu artinya Dul akan lebih tua dari Lisa

      Delete
  3. Well, dari dulu saya belum bisa mempercayai teori relativitas ini. Dalam pemikiran sederhana saya, mereka memang menempuh waktu yang berbeda tetapi tidak mempengaruhi penuaan. Misalkan dalam jangka waktu yang bersamaan Lisa telah melewati 6 tahun sedangkan Dul hanya melewati 1 tahun, 6 tahunnya Lisa dan 1 tahunnya Dul adalah sama. Mereka akan mencapai penuaan di saat yang sama (meskipun di ukuran waktu yang berbeda).

    Entah kapan saya bisa memahami dan menyepakati postulatnya Mbah Einstein.... Sampai sekarang saya masih berpikir seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, sebenernya relativitas juga mempengaruhi penuaan. Saya pernah dengar, kalau kita bergerak mendekati kecepatan maka kecepatan jantung detak jantung kita pun turun. Sehingga penuaan pun juga melambat.

      Terus, saya juga pernah dengar kalau di alam semesta ini ada partikel yang bernama muon, dia hanya ditemukan jauh diatas permukaan bumi. Nah, muon ini memiliki waktu hidup. Jika dia ditarik turun ke bumi maka dia akan segera hilang. Nah, ketika ilmuwan mencoba menarik turun partikel ini ke bumi mendekati kecepatan cahaya, ternyata waktu hidupnya bisa bertahan lebih lama. CMIIW

      Delete

Popular Posts

BTT

Back to top

Followers